get app
inews
Aa Read Next : 1.972 Putra Putri Sulteng Berkompetisi Jadi Anggota Polri

Ini Doa Berbuka Puasa Idul Adha Menurut Hadits Shahih, Lengkap dengan Bacaan Niat

Kamis, 07 Juli 2022 | 15:23 WIB
header img
Doa berbuka puasa Idul Adha (Foto iNewsPalu.id:GaraktaStudio/Elements

JAKARTA, iNewsPalu.id - Doa berbuka puasa Idul Adha menurut hadis sahih perlu dipahami dan diamalkan oleh setiap Muslim yang menjalankan. Sebelum Hari Raya Idul Adha, terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan yaitu puasa. 

Puasa sebelum Idul Adha lazim disebut sebagai Puasa Dzulhijjah. Waktu pelaksanaan ibadah tersebut adalah tanggal 1-9 Dzulhijjah. Pada tanggal 8 biasa disebut sebagai Puasa Tarwiyah, sedangkan tanggal 9 adalah Puasa Arafah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan At-Tirmidzi disebutkan, “Rasulullah SAW berkata: Tak ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti 10 hari ini (di bulan Dzulhijjah).” 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya," HR. Abu Daud no. 2437. 

Untuk ketentuan pelaksanaan puasanya, dilakukan sama seperti puasa pada umumnya di dalam Islam. Yang membedakan adalah doa atau niatnya. 

Sementara bacaan doa berbukanya sama dengan puasa pada umumnya. Sebelum masuk pada doa berbuka, berikut ini adalah bacaan niat puasa sebelum Idul Adha.

 

1. Niat Puasa Dzulhijjah (1-7 Dzulhijjah)

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.

 

2. Niat Puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) 

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى : Arab

Latin: Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala. 

 

3. Niat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)  

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى  

Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala 

Artinya : Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala.

Doa Berbuka Puasa Idul Adha Menurut Hadits Shahih

Doa berbuka puasa Idul Adha tentunya dibaca sebelum membatalkan puasa ketika adzan magrib berkumandang. Baik saat menjalankan puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah, bacaan doa berbukanya adalah sama.

Doa ini telah dibaca oleh mayoritas umat Islam, sehingga sudah banyak yang familier dan hafal bacaannya. Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 109).

Berikut ini adalah doa berbuka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ala rizqika aftartu. Birahmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa buka puasa yang lain didasarkan hadits shahih riwayat Abu Dawud, yang berbunyi sebagai berikut:

حدثنا عبد الله بن محمد بن يحيى أبو محمد حدثنا علي بن الحسن أخبرني الحسين بن واقد حدثنا مروان يعني ابن سالم المقفع قال رأيت ابن عمر يقبض على لحيته فيقطع ما زاد على الكف وقال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أفطر قال ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله 

"Kami mendapat riwayat dari Abdullah bin Muhammad bin Yahya, yaitu Abu Muhammad, kami mendapat riwayat dari Ali bin Hasan, kami mendapat riwayat dari Husain bin Waqid, kami mendapat riwayat dari Marwan, yaitu Bin Salim Al-Muqaffa‘, ia berkata bahwa aku melihat Ibnu Umar menggenggam jenggotnya, lalu memangkas sisanya. Ia berkata, Rasulullah bila berbuka puasa membaca, ‘Dzahabazh zhoma'u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insyâ Allah’," (HR Abu Dawud)

Sementara doa berbuka puasa “Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika aftartu” bersumber dari riwayat Imam Bukhari dan Muslim sebagai keterangan Syekh M Khatib As-Syarbini berikut ini: 

وأن يقول عقب فطره اللهم لك صمت وعلى رزقك أفطرت لانه صلى الله عليه وسلم كان يقول ذلك رواه الشيخان 

"(Mereka yang berpuasa) dianjurkan setelah berbuka membaca, ‘Allâhumma laka shumtu, wa ‘alâ rizqika afthartu.’ Pasalnya, Rasulullah SAW mengucapkan doa ini yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim," (Lihat Syekh M Khatib As-Syarbini, Al-Iqna pada Hamisy Bujairimi alal Khatib, [Beirut, Darul Fikr: 2006 M/1426-1427 H], juz II, halaman 385).

Dari keterangan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada beberapa hadits shahih terkait doa berpuasa. 

Doa tersebut bisa dibaca ketika sebelum mengakhiri puasa termasuk puasa sebelum Idul Adha atau puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut