get app
inews
Aa
Read Next : Bawang Goreng dan Abon Asal Palu Akan Dilindungi Oleh Kekayaan Intelektual

Wow, Sneakers Paling Berharga di Dunia, Harganya Capai Miliaran Rupiah

Selasa, 12 Juli 2022 | 16:04 WIB
header img
Sneakers paling berharga di dunia, harganya capai miliaran rupiah. Foto: StockX.com

NEW YORK, iNewsPalu.id - Peringkat investasi sneakers paling berharga dari situs kode diskon DealA menemukan beberapa pasang sepatu Nike ikonik di situs penjualan kembali StockX mencatat kenaikan nyaris 150.000 persen dari harga eceran aslinya. Harga sneakers tersebut kini mencapai miliaran rupiah.

Di daftar teratas, yang disusun berdasarkan seberapa mahal sepatu itu sekarang daripada harga eceran aslinya adalah Nike Dunk SB Low Paris, versi edisi terbatas dari sepatu basket Nike yang pertama kali diluncurkan pada 2003. Sekitar 200 pasang pernah diproduksi, dan masing-masing pasang sepatu menampilkan fitur cutouts dari seni oleh mendiang pelukis ekspresionis Prancis Bernard Buffet.

Sneakers itu langsung terjual habis setelah dirilis hampir dua dekade lalu. Pada 2021, sepasang sneakers terjual lebih dari 130.000 dolar AS di Inggris, menurut HypeBeast.

Mengutip CNBC International, sneakers ini awalnya dijual seharga 60 dolar AS atau setara Rp890.000 (dengan kurs saat ini). Harga permintaan terendah yang ditemukan DealA, ditawarkan oleh retail di StockX adalah 89.691 dolar AS atau Rp1,33 miliar. Itu adalah pengembalian investasi sebesar 149,385 persen.

Di urutan kedua adalah sneakers Jordan 1 OG Bred 1985, yang digambarkan oleh situs web sebagai "cawan suci untuk sneakerheads." Sepatu berwarna hitam-merah ini adalah bagian dari lini produk pertama dengan kemitraan multi-dekade Michael Jordan bersama Nike.

Di StockX, DealA menemukan harga terendah yang diminta untuk sneakers klasik yang awalnya dijual seharga 65 dolar AS, sekarang 94.675 dolar AS. Itu naik 145.554 persen dari harga aslinya.

Beberapa pasang sepatu Jordan asli bahkan lebih berharga. Pada 2020, sepasang sneakers yang sudah usang, ditandatangani oleh Jordan dijual seharga 560.000 dolar AS dalam lelang.

Peringkat didominasi oleh sneakers Nike, yang mencerminkan hubungan dekat perusahaan yang berbasis di Beaverton, Oregon dengan bola basket. Nike dan label Air Jordan-nya membantu mendorong munculnya budaya sneakerheads sedemikian rupa sehingga peringkat DealA tidak menampilkan merek lain hingga posisi ke-34 dalam daftar.

Adapun peringkat 34 ditempati sepatu ASICS Gel-Lyte III Ronnie Fieg Salmon Toe. Diluncurkan pada 2011, sneakers ASICS adalah sepatu pertama yang dirilis dalam kemitraan dengan merek streetwear populer KITH.

Jika Anda mendapatkan sepasang Nike Jordans asli seharga 65 dolar AS pada 1985 dan menyimpannya dalam kondisi sangat baik selama beberapa dekade, maka itu akan berharga mahal saat ini.

Beberapa pasang sneakers yang sangat langka juga diketahui menghasilkan uang dalam jumlah yang benar-benar menakjubkan. Misalnya pada 2021, Sotheby menjual sepasang Nike Air Ships, sepasang sneakers pertama yang dikenakan Michael Jordan di NBA selama menjadi rookie di 1985, seharga 1,47 juta dolar AS. Pada tahun yang sama, Sotheby's menjual sepasang prototipe Nike Air Yeezys yang dikenakan oleh rapper Kanye West ke Grammy Awards 2008, seharga 1,8 juta dolar AS.

Berikut ini lima sneakers paling berharga, dengan pengembalian investasi tertinggi di StockX, menurut DealA:

Nike Dunk SB Low Paris: dengan pengembalian investasi 149.385 persen di atas harga eceran asli

1985 Jordan 1 OG Bred: dengan pengembalian investasi 145.554 persen

Nike SB Dunk Low London: dengan pengembalian investasi 41.400 persen

Nike SB Dunk Low Tokyo: dengan pengembalian investasi 38.925 persen

1985 Jordan 1 OG Chicago: dengan pengembalian investasi 22.224 persen

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut