Logo Network
Network

Lirik Lagu Garuda Pancasila Punya Makna Semangat Perjuangan Bagi Generasi Muda

Ifan Jafar Siddik
.
Senin, 15 Agustus 2022 | 14:21 WIB
Lirik Lagu Garuda Pancasila Punya Makna Semangat Perjuangan Bagi Generasi Muda
Tahukah Anda, Lirik Lagu Garuda Pancasila Punya Makna Semangat Perjuangan Bagi Generasi Muda. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

BOGOR, iNewsPalu.id - Hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, merupakan bukti dari perjuangan para pejuang dari masaa penjajahan.

Kini, hampir 77 tahun Indoneeia merdeka, kita sebagai generasi muda tidak lagi berjuang melawan penjajah tapi berusaha sekuat tenaga untuk menjaga keutuhan dan menjunjung tinggi dasar negara yaitu Pancasila.

Pasca Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak para pencipta lagu yang menuliskan lagu-lagu nasional yang hingga saat ini masih sering kita nyanyikan. Salah satunya Lagu Garuda Pancasila.

Lagu ini sangat populer di masyarakat Indonesia karena sering dikumandangkan terlebih menjelang Peringatan HUT Kemerdekaan. Pencipta lagu Garuda Pancasila adalah Prohar Sudharnoto pada tahun 1956.

Agar melekat di benak, berikut lirik lagu Garuda Pancasila beserta makna dan profil penciptanya. Lirik Lagu Garuda PancasilaLirik lagu Garuda Pancasila dan maknanya ditulis dalam buku pelajaran maupun kumpulan lagu nasional.

Hal ini ditujukan untuk membangun semangat perjuangan generasi muda sejak dini.

Garuda Pancasila...Akulah pendukungmu...Patriot Proklamasi...Sedia Berkorban untukmu...Pancasila dasar negara...Rakyat adil makmur sentosa...Pribadi bangsaku...Ayo maju maju...Ayo maju maju...Ayo maju maju...

Apa Isi Lirik Lagu Garuda Pancasila?

Makna lagu Garuda Pancasila adalah lagu yang bercerita tentang Pancasila sebagai dasar negara dan kepribadian bangsa beserta patriot proklamasi yang setia. Lagu ini diciptakan pada tahun 1956 oleh Prohar Sudharnoto.

Berikut makna di setiap syair lagu Garuda Pancasila, dikutip dari buku "Indonesia Pusaka" oleh Sopan Adrianto.

Garuda Pancasila, Akulah Pendukungmu, Garuda sebagai lambang negara dan Pancasila sebagai dasar negara harus senantiasa kita dukung dan junjung tinggi sebagai bukti kedaulatan bangsa yang merdeka.

Patriot proklamasi, Sedia berkorban untukmu, Lirik lagu Garuda Pancasila untuk patriot proklamasi berarti pejuang kemerdekaan atau bangsa yang akan selalu siap berkorban untuk negeri.

Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa, Pancasila sebagai dasar negara jika diterapkan secara nyata maka keadilan, kemakmuran dan kedamaian sentosa akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Pribadi bangsa Indonesia sebagai negara merdeka harus terus maju, pantang mundur dalam setiap rintangan yang dihadapi.

Profil Prohar Sudharnoto, Pencipta Lagu Garuda Pancasila.

Prohar Sudharnoto adalah seorang pria yang berprofesi sebagai pencipta lirik lagu garuda pancasila sekaligus sebagai ilustrator film.

Ia lahir di Kendal, Jawa Tengah pada 24 Oktober 1925. Beliau juga sempat mengenyam pendidikan sampai tingkat dua di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Bersama dengan Orkes Hawaiian Indonesia di pimpinan Maladi, beliau ikut mengisi sebuah acara siaran di RRI Solo. Pada tahun 1952, beliau pindah ke RRI Jakarta sampai pada tahun 1965.

Pada tahun 1969 ia menjadi pemain organ di restoran LCC dan kemudian di Shangrila. Adapun salah satu lagunya yang terkenal adalah Garuda Pancasila yang ditulisnya pada tahun 1956, yang hingga saat ini populer dinyanyikan oleh masyarakat Indonesia, terutama pada hari-hari besar di Indonesia.

Itu tadi lirik lagu Garuda Pancasila beserta makna dan profil penciptanya. Sekarang sudah tahu kan siapa Prohar Sudharnoto dan makna lagu yang diciptakannya?

Semoga informasi ini bermanfaat guna mengenang jasa penciptanya.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News

Bagikan Artikel Ini