get app
inews
Aa Read Next : Deklarasi Erick Thohir Untuk Calon Wakil Presiden 2024

Semangat Transformasi Membuat Erick Thohir Dihujani Capaian Positif 

Sabtu, 10 Desember 2022 | 22:16 WIB
header img
Menteri BUMN : Erick Thohir. Foto: iNews.id

PALU, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir kerap ditugaskan pada urusan kenegaraan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Namanya terus mencuat seiring pencapaiannya memimpin kementerian yang menaungi seluruh perusahaan pelat merah di Indonesia. 

Sosok yang telah malang melintang di dunia usaha, hingga olahraga dunia ini, dinilai memiliki kemampuan tak biasa. Teranyar, sejumlah prestasi telah dibukukan dengan dedikasinya sebagai birokrat, pengusaha dan filantropi Indonesia. 

Erick Thohir memimpin BUMN di atas tiga semangat: transformasi, inovasi dan efisiensi. Terbukti, di bawah kepemimpinannya, Kementerian BUMN mencatatkan laba Rp155 triliun pada triwulan III 2022. Angka ini meningkat drastis 24 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 124,7 triliun. 

Wakil Ketua Dewan Pembina PW Pemuda Muslim Indonesia Sulteng, Abdul Rahim K Labungasa, mengapresiasi pencapaian yang ditorehkan Erick Thohir. 

Menurut dia, Presiden Joko Widodo yang menempatkan Erick Thohir di lembaga perusahaan negara, merupakan pilihan yang tepat. Bahkan sosok Erick Thohir layak diposisikan sebagai generasi emas yang akan membawa perubahan besar bagi Indonesia.

"Erick Thohir telah membuktikan keberhasilan di setiap tanggung jawab yang dia pikul. Pengalamannya sudah cukup untuk berjalan seiring dengan prestasi yang dia ukir," kata Aim, sapaan akrab beliau di  Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (9/12/2022). 

Di kancah internasional, Erick Thohir, kata Aim, punya semangat kompetitif. Tokoh yang gemar olahraga ini memiliki keberanian "bermain" dengan prospek besar nan menjanjikan. 

"Dan hitung-hitungannya sangat cermat. Ada nilai lebih melekat kepada Erick Thohir, yang itu hanya sedikit dimiliki tokoh lain di Indonesia. Maka wajar, jika Presiden mempercayai sejumlah kebijakan negara kepada Erick Thohir. Itu bukan karena nilai politis, ya. Tapi memang dia punya bukti dan rekam jejak cemerlang dalam menjalankan tugas," urainya. 

Lebih lanjut menurut Wakil Ketua Dewan Pembina PW Pemuda Muslim Indonesia Sulteng, di tengah resesi global, Indonesia butuh kebijakan strategis. Hal ini untuk meminimalisir dampak negatif, khususnya di sektor perekonomian. Oleh karena itu, kedaulatan ekonomi menjadi penting selalu dihembuskan. 

"Kedaulatan ekonomi tentu bisa kita andalkan dari BUMN. Tidak ada salahnya jika kemudian rakyat Indonesia memiliki ekspektasi lebih kepada jajaran kabinet, utamanya BUMN. Dan saya yakin sosok Erick Thohir mampu. Dia sudah mengantongi kepercayaan publik yang sangat baik," papar Aim.

Di satu sisi, masa transisi pandemi Covid-19 menuju endemi, juga turut menjadi catatan positif Erick Thohir. Pasalnya, capaian vaksinasi yang terus meluas hingga ke pelosok negeri, menjadi salah satu instrumen kebijakan BUMN yang telah mendapatkan kepuasan publik. 

"Terbukti, menurut salah salah satu lembaga survei, Erick Thohir menjadi menteri dengan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi. Salah satunya dia dapatkan karena program vaksinasi," tutur Abdul Rahim K Labungasa.

Meski demikian, Aim juga mengingatkan agar capaian yang ditorehkan Menteri BUMN tidak membuat dia jumawa. Apalagi jika mempengaruhi kinerjanya sebagai penyelenggara negara.   

"Besok (tahun 2023) sudah masuk tahun politik. Popularitas dia memang masuk dalam jajaran tokoh penting Indonesia. Kepentingan rakyat harus diutamakan, dan terus bekerja hingga kabinet tuntas," pungkasnya. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut