get app
inews
Aa Read Next : Swiss-Belhotel Palu Gelar Wedding Expo Gratis, Banyak Tawaran Istimewa

Poltekkes Palu Berikan Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Desa Sibalaya Utara

Sabtu, 24 Februari 2024 | 11:36 WIB
header img
Poltekkes Palu Berikan Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di Desa Sibalaya Utara. Foto : Poltekkes Palu

PALU, iNewsPalu.id - Kemenkes Poltekkes Palu kembali menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini, tim dosen dari Program Studi Kebidanan Poltekkes Palu melaksanakan kegiatan edukasi dan optimalisasi kader kesehatan remaja di aula dan Balai Desa Sibalaya Utara dalam mencegah anemia remaja putri pada Jumat (23/02).

Kegiatan ini dihadiri oleh 23 kader kesehatan remaja dan dipimpin oleh Ketua Tim Dosen Ns. Taqwin, M.Kes., bersama Narmin, S.St., M.Keb., dan Sri Restu, M.Sc., serta beberapa mahasiswa Poltekkes Palu jurusan Kebidanan.

Taqwin menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan yang kedua kalinya di wilayah Kecamatan Tanambulava, setelah sebelumnya diadakan di Desa Sibalaya Selatan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk kembali mengaktifkan kader kesehatan remaja sebagai penggerak dalam program-program kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kamaipura Sibalaya Utara, serta diharapkan mereka menjadi pionir kesehatan di desa masing-masing untuk menggerakkan dan mengaktifkan posyandu remaja," ujar Taqwin.

Kepala Puskesmas Kamaipura Sibalaya Utara yang diwakili oleh Herliyani, SKM., menyambut baik kegiatan ini.

"Kami sangat bersyukur dengan kegiatan ini karena sangat membantu kami sebagai fasilitator di Kecamatan Tanambulava untuk meningkatkan pengetahuan kader kesehatan remaja. Selama ini belum ada pelatihan khusus untuk mereka," ungkap Herliyani.

Salah satu tim dosen, Narmin, S.St., M.Keb., menjelaskan bahwa para kader kesehatan remaja diberikan edukasi tentang anemia pada remaja putri dan pengetahuan mereka diuji sebelum dan setelah materi disampaikan.

"Hasilnya menunjukkan bahwa setelah edukasi, pengetahuan kader tentang anemia pada remaja putri meningkat secara signifikan," kata Narmin.

Vivi, salah satu kader kesehatan remaja yang mengikuti kegiatan tersebut, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya dan teman-temannya.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami jadi tahu bahaya anemia pada remaja putri dan ilmu ini akan saya sampaikan kepada teman-teman yang belum sempat ikut hari ini," ujar Vivi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk komitmen Poltekkes Palu dalam mendukung kesehatan masyarakat, khususnya dalam mencegah anemia pada remaja putri di wilayah pedesaan

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut