Terkikis Air, Desa Taipa Poso Terancam Hilang

Jemmy
.
Rabu, 14 September 2022 | 14:29 WIB
Terkikis Air, Desa Taipa Terancam Hilang. Foto/ Jemmy

PALU, iNewsPalu.id - Desa Taipa Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah terancam hilang akibat abrasi dan penurunan permukaan tanah (downlift).

Penurunan permukaan tanah ini diakibatkan kejadian alam, penerusan permukaan tanah ini diawali pada tahun 2016 silam yang mencapai luas 10 are atau 0,1 hektare dan mengancam beberapa rumah yang ada di pinggiran danau Poso.

Mantan Kepala Desa Taipa Weliones Gintu, menjelaskan bahwa Ada sekitar 34 Kepala Rumah Tangga yang terancam hilang, abrasi Danau Poso dan di Tamba adanya pengurukan danau Poso untuk bendungan PT. Poso Energi, sehingga membuat arus danau Poso makin kuat dan mengikis lahan perlahan tanah di wilayah tersebut.

Warga sekitar pun membuat tanggul darurat untuk mengantisipasi empasan ombak yang bisa mengancam pemukiman warga hilang.

Akademisi Universitas Tadulako, Ir. Abdullah menjelaskan, bahwa dirinya sudah menyampaikan ke warga setempat bahwa penurunan permukaan tanah, sehingga warga ada rejeki untuk segera membangun di lokasi lain.

untuk beli tanah yang agak jauh dari tepi danau, lalu bikin rumah baru di tanah itu,” kata pakar gempa Sulteng tersebut.

Ia mengatakan, penyebab penurunan permukaan tanah tersebut adalah formasi batuanya merupakan lapisan sedimen yang porositasnya tinggi.

“Jika ada gempa dengan Magnitudo > 6 dan pusatnya relatif dekat dengan permukiman tersebut maka bisa terjadi seperti di Tompe dan Lompio, selain itu, juga rawan tsunami,” bebernya.

Ia menambahkan, Desa Taipa dilalui sesar Poso, sangat bisa berpotensi tsunami, apalagi danau Poso 1,5 kali lebih luas dibanding teluk Palu.

 

 

Editor : Jemmy Hendrik
Bagikan Artikel Ini