get app
inews
Aa Read Next : Meningkatkan Kualitas Kerja Tim, Basarnas Palu Latihan HART

87 Personel Basarnas Siap Siaga Jelang Natal dan Tahun Baru

Selasa, 20 Desember 2022 | 12:01 WIB
header img
87 Personil Basarnas Siap Siaga Jelang Natal Dan Tahun Baru. Foto : Humas Basarnas Palu

PALU, iNewsPalu.id - Sebanyak 87 orang personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu disiagakan dalam rangka menjelang Natal dan tahun baru 2023 yang dilaksanakan mulai Senin 19 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023. 

Adapun kegiatan siaga natal dan tahun baru telah resmi dibuka pada Senin tadi oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melalui virtual yang diikuti oleh seluruh Kantor SAR se Indonesia. Dalam sambutannya ia mengatakan pelaksanaan siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan dilaksanakan selama 16 hari yaitu pada tanggal 19 Desember 2022 s/d 3 Januari 2023, dimana puncak arus mudik Natal diperkirakan pada tanggal 23-24 Desember 2022 dan puncak arus balik tanggal 25-26 Desember 2022. Sedangkan puncak arus mudik tahun baru diperkiranakan 30-31 desember dan puncak arus balik pada tanggal 1-2 Januari 2023. Adapun potensi ancaman yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan siaga Khusus Nataru tahun ini adalah bencana hidrometeologi yaitu banjir , gelombang tinggi, longsor, banjir bandang dan angin puting beliung. Bencana geologi yaitu gempa bumi tsunami, erupsi gunung berapi. Kecelakaan Transportasi yaitu kecelakaan kapal, pesawat dan jalan raya. Kondisi membahayakan manusia diantaramya kedaruratan di tempat-tempat wisata. Untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan agar ditingkatkan koordinasi dan sinergitas siaga dengan seluruh potensi SAR yang ada di wilayah masing-masing baik unsur kementerian/lembaga, TNI, Polri, pemerintah daerah, relawan dan media demi terwujudnya pelayanan siaga SAR yang optimal dan terpadu.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu Andrias Hendrik Johannes usai memimpin Apel Siaga khusus di halaman Kantor mengatakan pelaksanaan siaga SAR khusus ini dilaksanakan secara serempak. Saat ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu sendiri fokus melaksanakan siaga di tempat keberangkatan seperti di Bandara, Pelabuhan kapal, pelabuhan penyeberangan, terminal dan juga akan dilaksanakan di pusat keramaian seperti tempat wisata dan di mall2 dan kami mengharapkan supaya Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu dengan sejumlah personil dan peralatan dapat disiagakan penuh dalam rangka mendukung kegiatan pemerintah yaitu menyiapkan sarana dan prasarana personil untuk memberikan rasa keamanan bagi masyarakat Indonesia yang akan melaksanakan mudik dan arus balik tahun 2023, terangnya.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut