get app
inews
Aa Read Next : Meningkatkan Kualitas Kerja Tim, Basarnas Palu Latihan HART

50 Orang Ikut Uji Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 08:08 WIB
header img
50 Orang Ikut Uji Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan. Foto : Humas Basarnas Palu

PALU, iNewsPalu id - Sebanyak 50 orang potensi Pencarian dan Pertolongan mengikuti Uji Kompetensi bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu.

Tujuan dilaksanakannya uji kompetensi potensi pencarian dan pertolongan untuk menilai sejauh mana kemampuan potensi SAR yang ada di daerah-daerah dimana kegiatan tersebut kedepan akan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi potensi SAR yang kompeten dalam pelaksanaan operasi SAR. Selain itu, uji kompetensi juga merupakan wujud pengakuan Basarnas terhadap keahlian seseorang di bidang pencarian dan Pertolongan melalui lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang dimiliki Basarnas.

"Pelaksanaan uji kompetensi ini kita laksanakan di Kantor SAR Palu dan ini juga sebagai apresiasi kepada Potensi yang ada di Sulawesi Tengah yang sebelumya sudah dilatih namun belum memiliki sertifikat, dimana aturan yang sebenarnya yang bisa melaksanakan operasi SAR yang pertama Basarnas yang kedua potensi yang sudah bersertifikat untuk itu perlu disertifikasi melalui uji kompentensi potensi ini. Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu yang telah berkenan mengikuti uji kompetensi ini," ucap Djefri DT Mewo, Spd. selaku Asesor dan pejabat fungsional Penata Kelola Pencarian dan Pertolongan.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Andrias Hendrik Johannes dalam sambutannya mengatakan terima kasih dan selamat datang kepada peserta uji kompetensi potensi pencarian dan pertolongan. Peserta yang hadir ini merupakan peserta yang sudah terdaftar dalam database Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu. Kami bangga dengan potensi SAR dimana potensi SAR tempat kami berkoordinasi saat pelaksanaan operasi SAR di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu. Semoga kerjasama ini terus ditingkatkan dan terus bersinergi. Kedepan kita dituntut untuk memiliki skill dan kemampuan karena itu uji kompetensi ini dilaksanakan. Saya mengharapkan Bapak Ibu yang mengikuti uji kompetensi ini untuk mengikuti dengan baik, saya yakin dan percaya bapak ibu semua akan berhasil dan lulus serta memiliki sertifikat. Selamat mengikuti uji kompetensi semoga semua berjalan dengan baik dan lancar," kata Andrias.

Adapun Kegiatan Uji Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan. Peserta berasal dari Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Morowali gabungan dari TNI, Polri, Bpbd, Senkom, Tagana, Satpol PP, Damkar, Dinas Sosial, Kelompok Pecinta Alam dan Relawan.

Materi yang diujikan meliputi tes tertulis, water rescue, Medical First Responder (MFR) dan cara pengoperasian motor tempel (mopel). Tim Assesor 2 orang dan adminis 1 orang dari Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut