get app
inews
Aa Read Next : Membanggakan! Rutan Palu Raih Penghargaan di Bidang Kehumasan

Kemenkumham Sulteng: Pendaftaran Anak Berkewarganegaraan Ganda Jadi WNI Ditutup Hari Ini

Jum'at, 31 Mei 2024 | 09:57 WIB
header img
Kemenkumham Sulteng: Pendaftaran Anak Berkewarganegaraan Ganda Jadi WNI Ditutup Hari Ini. Foto : Ist

PALU, iNewsPalu.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) hari ini, Jumat 31 Mei 2024, menutup pendaftaran bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda (ABG) yang ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Program ini merupakan kesempatan istimewa bagi ABG yang telah mencapai usia 18 tahun untuk memperoleh status WNI dengan biaya Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ringan, yaitu Rp 5 juta.

Lewat batas akhir ini, ABG yang ingin menjadi WNI harus melalui proses naturalisasi murni dengan biaya PNBP yang jauh lebih tinggi, yaitu Rp 50 juta.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, mengimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak berkewarganegaraan ganda untuk segera mendaftarkan anaknya sebelum batas akhir pendaftaran ditutup.

“Ini adalah kesempatan terakhir bagi ABG untuk menjadi WNI dengan mudah dan murah,” ujar Hermansyah.

Pendaftaran dapat dilakukan langsung di Kantor Wilayah Kemenkumham di domisili masing-masing, termasuk Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat diakses melalui tautan berikut: bit.ly/Pasal3a.

Hermansyah juga menekankan pentingnya status kewarganegaraan bagi individu dan negara.

“Kewarganegaraan merupakan salah satu unsur pokok suatu negara dan menjadi dasar hubungan timbal balik antara warga negara dan negaranya,” jelas Hermansyah.

Oleh karena itu, ia berharap program ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para ABG untuk memperoleh status WNI dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

 

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut