get app
inews
Aa Read Next : Gelar Webinar Strategi Kebijakan, Kemenkumham Sulteng Tingkatkan Akses Keadilan Bagi Masyarakat Misk

Dapur Lapas Palu Sukses Kantongi Sertifikat Halal MUI

Sabtu, 27 Juli 2024 | 14:56 WIB
header img
Dapur Lapas Palu Sukses Kantongi Sertifikat Halal MUI. Foto : Kemenkumham sukteng

PALU, iNewsPalu.id - Dapur milik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu yang dinaungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) secara resmi mengantongi sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama Republik Indonesia atas penyelenggara makanan dan minumanan dengan pengolahan.

Kepala Lapas Palu, Gunawan, menerangkan bahwa semua produk makanan dan minuman dapur Lapas ditetapkan halal oleh Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Tengah berdasarkan hasil pemeriksaan kehalalan produk yang dilakukan oleh BPJH Sulawesi Tengah.

Sertifikat Halal ini diserahkan oleh Reny Abdan, selaku Pendamping Proses Produk Halal Kementerian Agama Sulawesi Tengah dan diterima langsung oleh Meliana selaku Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik Lapas Kelas IIA Palu.

“Alhamdulillah, dapur kami telah memiliki sertifikat halal untuk penyelenggaraan pengolahan makanan dan minuman. Terbitnya sertifikat halal ini memberikan kepastian dan rasa aman tentang ketersediaan produk halal dalam layanan yang diselenggarakan dan terpenuhinya hak-hak dasar bagi Warga Binaan dalam hal kebersihan, kehigienisan, dan kehalalan,” ungkap Gunawan, Sabtu (27/7/2024).

Ia menambahkan penetapan kehalalan produk dan sertifikat halal tersebut tercantum dengan nomor ID72110018824370724 Tanggal 25 Juli 2024. 

“Semua ini buah kerja sama seluruh jajaran untuk terus berkomitmen memberikan yang terbaik dalam setiap tanggung jawab yang diemban. Berkat tekad dan kerja sama yang solid, proses panjang berhasil dilalui hingga akhirnya sertifikat halal bisa didapatkan,” pujinya.

Sementara itu, Hermansyah Siregar, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng juga turut bersyukur atas terbitnya sertifikat halal pada dapur Lapas Palu.

Selain mengapresiasi atas kerja keras jajarannya di Lapas Palu yang terus berkoordinasi dengan BPJH Kemenag dan Dinas Kesehatan terkait, ia juga menyebut, bahwa hal tersebut adalah bukti komitmen nyata bagi jajaran pemasyarakatan dalam memastikan hak dari seluruh warga binaan terpenuhi dengan baik, serta berkualitas.

“Bersyukur sekali dapur kita bisa meraih sertifikat halal. Artinya apa? Semua yang makanan dan minuman yang kita hidangkan berkualitas baik, berkecukupan gizi serta pastinya sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI,” terangnya.

Ia juga mengajak agar seluruh mitra terkait baik dari unsur instansi vertikal, pemerintah daerah hingga swasta untuk mendukung program yang diberikan bagi seluruh warga binaan.

Hermansyah Siregar menilai, suksesnya program pemasyarakatan di seluruh Lapas maupun Rutan juga disebabkan atas keterlibatan dari berbagai pihak.

“Kita membuka diri secara luas untuk suksesnya program pemasyarakatan kita, karena prinsipnya adalah bagaimana setiap kolaborasi yang kita lakukan menghasilkan inovasi yang pastinya berkontribusi besar bagi kemajuan bangsa ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, dapur Lapas Palu telah ditinjau oleh penyelia halal dari BPJPH Sulawesi Tengah. Mereka memeriksa langsung keadaan dapur, bahan makanan dan minuman, peralatan masak, dan lainnya. Selain itu, dilakukan pula pendampingan pemenuhan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan sertifikat halal.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut