get app
inews
Aa Read Next : Strategi Ganjar-Mahfud Merevitalisasi Bulog Demi Kedaulatan Pangan

Panen Raya Bulan Depan Akan Tekan Kenaikan Harga Beras di Pasaran

Jum'at, 03 Maret 2023 | 20:33 WIB
header img
Panen Raya Bulan Depan Akan Tekan Kenaikan Harga Beras di Pasaran. Foto : Humas Bulog

PALU, iNewsPalu.id - Harga beras di pasar tradisional kota Palu terpantau masih alami kenaikan mencapai harga Rp14.000/Kg. kenaikan beras diakui pedagang sudah berlangsung sejak bulan Desember 2022 dan telah memasuki puncak kenaikan harga.

Memasuki bulan Maret 2023 kenaikan harga masih terjadi di pasar tradisiona kota Palu, diketahui menjadi ‘biang kerok’ terjadinya inflasi di bulan februari kemarin. harga beras yang sebelumnya Rp.10.000/Kg saat ini pedagang menjual mulai dari harga Rp. 11.500 sampai Rp.14.000/Kg.

Menurut pedagang, memasuki Maret harga beras justru memasuki kenaikan harga puncak. kenaikan harga karena mahalnya harga dari distributor maupun petani. bahkan hal ini juga karena tak ada pemasok beras dari daerah lain.

“karena faktor panen, kalau panen serentak pasti harga turun, kalau panen bergantian harga pasti bertahan. ini beras dari kabupaten parigi, kenaikan harga merata seluruh indonesia.muda mudahan saat ramadhan harga bisa turun” terang Firman, pedagang beras di pasar Masomba, Palu, Jumat (03-03-2023).

Selain itu, kenaikan beras juga akibat mahalnya suplay dari distributor akibat belum adanya panen serentak. sementara itu Perusahaan Bulog perwakilan Sulawesi Tengah menyebut panen raya baru terjadi pada bulan depan. saat panen raya nanti dianggap akan mampu menekan kenaikan harga beras di pasaran.

“Yang naik tajam itu adalah beras premium sementara Bulog tidak diwajibkan untuk beras premium. kita penugasan Pemerintah hanya beras medium. panen baru akan mulai di Parigi 2 minggu kedepan, tapi puncaknya akan terjadi panen raya pada pertengahan April diwilayah Parigi dan Banggai. tentunya ini akan menekan harga beras di pasaran” tegas David Susanto, Pimpinan Wilayah Bulog Sulteng.

Pihak Bulog juga menegaskan bahwa kenaikan harga dalam tiap tahunnya pasti terjadi diawal maupun menjelang akhir tahun.

“kenaikan harga tiap tahun itu adalah rutinitas pada kondisi bulan november, desember, januari februari itu pasti ada kenaikan harga beras. kalau di kelender pertanian itu adalah musim panceklik” tambah David.

Pedagang berharap pemerintah segera menstabilkan harga beras. diharapkan harga beras bisa turun ke harga semula agar bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut