get app
inews
Aa Read Next : Lantik 5 PNS Baru, Kakanwil Hermansyah Siregar Minta Jaga Integritas, Raih Prestasi

Pemkab Sigi Bakal Tebar Sembako Murah Produk Bulog di 16 Kecamatan

Selasa, 31 Oktober 2023 | 19:22 WIB
header img
Penandatangan PKS Pemkab Sigi dan Bulog Kanwil Sulteng untuk pasar murah menjelang Natal dan Tahun Baru, di kantor Bulog Sulteng, Jalan Mohammad Yamin, Kota Palu, Selasa (31/10/2023). FOTO: ISTIMEWA

SIGI, iNewsPalu.id - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kabupaten Sigi dan Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Tengah menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) pasar murah jelang Natal dan Tahun Baru 2024, di kantor Bulog Sulteng, Jalan Mohammad Yamin, Kota Palu, Selasa (31/10/2023). 

Pasar murah kali ini akan menebar paket sembako berisi 5 kilogram (kg) beras premium, dua liter minyak goreng, dan 2 kg gula, dengan total 33.333 paket yang akan diterima masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam DTKS Kabupaten Sigi.

“Kami mendapat dana insentif daerah (DID) sebesar Rp1,5 miliar, yang diperuntukkan untuk pasar murah. Jadi nantinya, paket tersebut yang sebelumnya dengan harga Rp129.000 per paket, akan disubsidi pemerintah sebesar Rp45.000, penerima manfaat tinggal membayar menebus sisanya dengan kupon yang akan kami tebar nantinya,” ucap Kepala Disperindag Sigi, Agus Munandar, kepada Sulteng Raya. 

Rencananya, kata dia, pasar murah akan dimulai pada 13 November 2023 mendatang, dan akan berakhir paling lambat 20 Desember 2023. 

“Namun perhitungan kami dengan Bulog bisa lebih cepat, selesainya bisa di 4 Desember 2023,” tutur Kadis Agus.

Saya harus menyampaikan terima kasih kepada Bulog, selama ini kami merasa terbantu dalam pelaksanaan pasar murah yang ke-4 kali nya ini. Kami rasakan sanga terbantu sampai ke 16 wilayah kecamatan, termasuk daerah yang tersulit dijangkau yakni Kecamatan Lindu dan Pipikoro. 

Tak lupa, ia mengapresiasi Bulog Sulteng yang selama ini selalu sigap menyediakan pangan berkualitas untuk kegiatan-kegiatan yang diinisiasi Pemkab Sigi. Iya berharap, sinergi terus berkelanjutan.

“Daerah terpencil ditengah melonjaknya harga pangan seperti ini memang sangat membutuhkan kehadiran pemerintah, ini momentum yang tepat,” tuturnya.

“Kegiatan pasmur akan diawali di kecamatan Sigi Biromaru pada hari pertama, kemudian di perumahan kelapa gading, taman taiganja. Mudah-mudahan berjalan lancar, mudah-mudahan daya beli masyarakat mampu membeli paket murah ini,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Pimwil Bulog Kanwil Sulteng, Heriswan, mengapresiasi lengkap Pemkab Sigi untuk pasar murah itu. Menurutnya, ini merupakan momentum tepat karena menjelang akhir tahun sering ditandai dengan melonjaknya harga pangan. Ia pun menjamin ketersediaan stok untuk kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, saya selalu menekankan bahwa ketersediaan pangan Bulog terjaga, mencukupi, kami siap sukseskan pasar murah kali ini. Ini salah satu langkah yang baik dari Pemkab Sigi, disaat harga-harga mulai ada kenaikan, momen kegiatan ini pas sekali. Kami mengapresiasi. Masyarakat penerima nanti tidak akan lagi berduyun-duyun ke pasar, sehingga ada penekanan harga dan ketersediaan di pasar,” demikan.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut