get app
inews
Aa Read Next : Polda Sulteng Gencar Sosialisasi Paham Radikalisme dan Terorisme di Lingkup Pelajar

Ini Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit, Gampang Gak bikin Orang Tua Pusing

Rabu, 01 November 2023 | 10:59 WIB
header img
Ilustrasi surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Foto: ist

JAKARTA, iNewsPalu.id - Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit adalah informasi yang penting untuk diketahui oleh banyak pihak, termasuk siswa, orang tua, dan wali siswa.

Sekolah adalah tempat di mana siswa menjalani proses belajar mengajar. Di sana, mereka dapat berinteraksi sosial dengan berbagai orang, mengembangkan potensi diri, dan meningkatkan kemampuan akademik mereka.

Namun, terdapat berbagai alasan yang membuat seorang siswa tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di sekolah, salah satunya adalah karena sakit. Dalam situasi tersebut, orang tua atau wali siswa biasanya mengirimkan surat pemberitahuan kepada guru mengenai ketidakhadiran anak mereka dengan alasan sakit.

Penulisan surat izin tidak masuk sekolah karena sakit sebaiknya tidak terlalu panjang, tetapi harus memperhatikan penggunaan bahasa yang sopan dan etika yang tepat. Selain itu, struktur surat izin tidak masuk sekolah juga perlu diperhatikan, termasuk tujuan surat, alasan izin, tanggal dan tempat penulisan surat, alamat tujuan, serta salam pembuka.

Surat izin juga sebaiknya memiliki kalimat pembuka, isi surat, salam penutup, dan nama pengirim surat yang dilengkapi dengan tanda tangan.

Jika Anda membutuhkan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, iNews.id telah menyediakan berbagai contoh yang dapat Anda temukan dalam berbagai sumber pada tanggal 31 Oktober 2023.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit 

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah 1 

(Nama Kota, Tanggal) 

Hal: Surat Izin 

Kepada Yth, Bpk/Ibu guru kelas di (Nama Sekolah) 

Assalamu'alaikum Wr. Wb, Bersama surat ini saya orang tua murid dari: 

Nama: 

Kelas: 

NIS: 

Memberitahukan bahwa pada hari ini tidak dapat mengikuti kegiatan di sekolah karena sedang sakit (batuk dan flu). Demikian surat pemberitahuan ini, atas izinnya, saya ucapkan terima kasih. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Hormat Saya, Orang Tua Siswa, 

(Nama & Tanda tangan) 

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah 2 

(Nama Kota, Tanggal) 

Kepada Yth, Bapak/Ibu Guru (Nama Sekolah) 

di Tempat 

Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama: 

Kelas: 

Alamat: 

NISN: 

Memberitahukan bahwa saya tidak bisa hadir untuk mengikuti kelas seperti biasa pada hari ini, (tanggal) dikarenakan sedang dalam kondisi sakit. Oleh karena itu, sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan banyak terima kasih. 

Hormat Saya, 

(Nama & Tanda tangan) 

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah 3 

(Nama Kota, Tanggal) 

Hal: Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah 

Lampiran: 1 Lembar 

Kepada Yth, Bapak/Ibu Guru (Nama Sekolah) 

(Alamat Sekolah) 

(Nama Kota) 

Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari: Nama: Kelas: Alamat: Bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam kondisi sakit dan membutuhkan perawatan intensif dari dokter. 

Menurut keterangan dokter, anak kami harus menjalani rawat inap selama 3 hari, terhitung mulai dari hari ini, (tanggal). 

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami bermaksud untuk memohon izin atas ketidakhadiran anak kami dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah sebagaimana biasanya. 

Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Atas perhatian Bapak/Ibu guru, kami mengucapkan banyak terimakasih. 

Hormat Kami, Orang tua Siswa, 

Nama & Tanda tangan) 

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut