get app
inews
Aa Read Next : Gelar Webinar Strategi Kebijakan, Kemenkumham Sulteng Tingkatkan Akses Keadilan Bagi Masyarakat Misk

Tes Urine Massal di Rutan Palu, Pastikan Keamanan Jelang HUT RI dan Pengayoman

Senin, 12 Agustus 2024 | 09:07 WIB
header img
Tes Urine Massal di Rutan Palu, Pastikan Keamanan Jelang HUT RI dan Pengayoman. Foto : Rutan Palu

PALU, iNewsPalu.id - Menjelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaann dan hari Pengayoman Ke-79, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng Menggelar penggeledahan gabungan pada blok hunian dan tes urine kepada warga binaan beserta petugas.

Hal tersebut dilaksanakan atas dasar Menindaklanjuti Surat Direktur Pengamanan dan Intelijen Direktorat Jenderal Pemasyarakatan perihal pelaksanaan penggeledahan kamar/blok hunian dan tes urine terhadap tahanan, narapidana, dan anak pada Rutan dan Lapas.

Kegiatan diawali dengan apel penggeledahan yang saati itu dipimpin oleh Kepala Rutan Palu, Yansen, dengan didampingi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan (KPR) Rutan Palu, Muhammad Rias, dan perwakilan TNI-Polri 


Tes Urine Massal di Rutan Palu, Pastikan Keamanan Jelang HUT RI dan Pengayoman. Foto : Rutan Palu

“Menjelang dua hari besar, kagiatan ini perlu kita lakukan sebagai upaya deteksi dini mencegah adanya penyelewangan oleh oknum dan gangguan kamtib di dalam blok hunian ”, ucap Karutan dalam arahannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penggeledahan oleh seluruh jajaran petugas Rutan Palu pada setiap kamar hunian dan pemeriksaan fisik kepada warga binaan. Pemeriksaan dilakukan oleh masing-masing petugas yang dibagi menjadi beberpa regu geledah dengan dibantu pihak TNI-Polri.

Dari hasil penggeledahan para petugas berhasil mengamankan dan menyita beberapa benda yang dinilai berpotensi mengganggu kaamanan kamtib di dalam blok hunian seperti benda keras tumpul, sendok besi, dan benda yang terbuat dari kaca.

Lebih lanjut, pada sesi pemeriksaan urine, tes dilakukan kepada 15 pegawai dan 20 orang warga binaan untuk mencegah adanya peredaran obat-obatan terlarang atau narkotika di dalam Rutan. pemeriksaan dilakukan oleh perawat Rutan kelas IIA Palu dengan dibantu petugas pengamanan.

Dari semua hasil pemeriksaan urine ditemukan nihil atau negatif adanya pegawai atau warga binaan yang terindikasi menggunakan Narkotika atau obat-obatan terlarang.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, juga telah mengimbau kepada seluruh jajaran Lapas, Rutan, dan LPKA di Sulawesi Tengah agar melakukan razia dan pengeledahan di masing-masing satker untuk memastikan setiap blok bersih dari potensi gangguan. 

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut