Logo Network
Network

Prabowo : KAHMI Turut Serta Menjaga Indonesia

Jemmy
.
Sabtu, 26 November 2022 | 20:55 WIB
Prabowo : KAHMI Turut Serta Menjaga Indonesia
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto : Jemmy

PALU, iNewsPalu.id - Prabowo Subianto yang hadir dalam Munas KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah menyatakan Himpunan Mahasiswa Islam merupakan salah satu organisasi yang dari sejarah bangsa Indonesia.

"Pada tahun 50-60an, HMI beperan dalam menyelesaikan pertentangan ideologi dan tidak cocok dengan indonesia kala itu, yakni budaya komunisme dan kapitalisme," katanya saat menjadi pembicara kunci dalam seminar Munas KAHMI di Palu, Sabtu.

Prabowo mengakui saat HMI mengambil peran itu, dia telah berkawan dan mendapatkan dukungan emosional dari HMI hingga saat ini.

Pada Munas ke-11 KAHMI, Prabowo didaulat menjadi pembicara dengan tema merawat kesatuan, menegakan demokrasi dan menjaga kedaulatan. 

Dia menjelaskan dalam sejarah Indonesia, hasrat untuk bersatu baru dimulai abad 20. Sebelumnya masih dilakukan secara masing-masing melawan Belanda, tetapi setelah itu, Indonesia menjelma luar biasa pascaditindas Belanda.

"Dahulu, hampir semua daerah masalahnya sulit bersatu, padahal nusantara ini begitu luar biasa. Masalahnya adalah persatuan," ungkapnya.

Dia berharap KAHMI turut serta menjaga Indonesia. Menurut Prabowo mengakui kecemerlangan Indoensia telah memiliki Pancasila dan Sumpah Pemuda.

"Kalau sumpah pemuda tidak memaksakan bahasa mayoritas, sementara Pancasila tidak memaksakan agama mayoritas," ungkapnya.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News

Bagikan Artikel Ini