get app
inews
Aa Read Next : Lantik 5 PNS Baru, Kakanwil Hermansyah Siregar Minta Jaga Integritas, Raih Prestasi

Bulog Sulteng Luncurkan Penyaluran Program Bantuan Pangan

Senin, 11 September 2023 | 18:05 WIB
header img
Kick off penyaluran bantuan pangan pemerintah di Gudang Bulog Kanwil Sulteng, Jalan RE Marthadinata, Kota Palu, Senin (11/9/2023). Foto Istimewa

PALU, iNewsPalu.id – Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Wilayah Sulawesi Tengah bersama dengan Pemerintah Daerah di Sulteng resmi meluncurkan penyaluran bantuan pangan pemerintah untuk tiga bulan kedepan, di Gudang Bulog Kanwil Sulteng, Jalan RE Marthadinata, Kelurahan Tondo, Kota Palu, Senin (11/9/2023).

Pemimpin Wilayah (Pimwil) Bulog Kanwil Sulteng, Hersiwan, mengatakan, pihaknya menjamin ketersediaan stok selama tiga bulan masa penyaluran bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Sulteng.

“Keseluruhan di Sulteng berjumlah 2.488,170 ton, ketahanan stok kita jamin aman untuk tiga bulan kedepan. Bantuan pangan ini tadinya direncanakan Oktober-Desember 2023, namun dipercepat, dan Bulog selalu siap dengan ketahanan stoknya,” katanya sejumlah jurnalis, usai seremoni penyaluran bantuan pangan itu.

Dikatakannya, Bulog Sulteng akan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk memantau penyaluran beras hingga ke tangan KPM, pihaknya yakin penyaluran bantuan beras itu akan mengurai permintaan, menekan gejolak harga dan ketahanan stok di pasar.

“Ini sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi pasar ya, dengan 10 kg di setiap kepala keluarga dengan estimasi dua orang orangtua dan dua orang anak, boleh dikatakan satu bulan akan mencukupi kebutuhan penerima manfaat, mereka tidak akan berbondong-bondong ke pasar membeli karena punya stok, bulan berikutnya akan diberikan lagi,” tutur Pimwil Heriswan.

Tak lupa, Pimwil Heriswan kembali mengimbau kepada masyarakat di Sulteng, khususnya Kota Palu agar bijak dalam berbelanja kebutuhan pangan. Sebab, stok yang dimiliki saat ini sangat mempuni, mengakomodasi permintaan konsumen, tak perlu ‘panick buying’. “Kepada masyarakat tidak usah panik, karena pemerintah selalu peduli,” tutupnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, Asharrini Mastura. Ia mengapresiasi kick off penyaluran bantuan pangan tersebut dan janji akan melakukan monitoring hingga koordinasi ihwal penyaluran hingga ke KPM di Kota Palu.

“Akan kami pantau di wilayah Kota Palu, bagaimana penyalurannya di kelurahan hingga sampai ke penerima manfaat di delapan kecamatan. Penyalurannya di Kota Palu dijadwalkan minggu depan sekitar 195 ton per bulannya selama tiga bulan yang diberikan kepada 19.525 KPM. Kami juga akan berkoordinasi dengan dinas pangan provinsi terkait penyalurannya,” tutupnya.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut