get app
inews
Aa Read Next : Lantik 5 PNS Baru, Kakanwil Hermansyah Siregar Minta Jaga Integritas, Raih Prestasi

Pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalith, Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Selasa, 10 Oktober 2023 | 21:25 WIB
header img
Pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalith, Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat. Foto : Humas KOREM 132 TDl

POSO, iNewsPalu.id - Danrem 132/Tdl, Brigjen Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura dan Forkopimda Prov Sulteng menghadiri Acara Pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalith Tahun 2023 di Lokasi Patung Megalith Desa Kolori Kec. Lore Barat Kab. Poso dihadiri 1500 orang tamu dan Undangan serta Masyarakat, Selasa

(10/10/2023)

Sambutan Gubernur Sulteng Bpk. H. Rusdy Mastura,mengatakan Pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalith tersebut menjadi satu upaya pemerintah dalam meningkatkan fiskal daerah, demi mengoptimalkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, serta mempromosikan pariwisata di Sulawesi Tengah.

Lebih lanjut, Gubernur memberikan Apresiasi kepada Majelis Hondo tampo behoa, Majelis Hondo tampo Pekurehua dan Tuana Mahile Roro Bada beserta seluruh Pemerintah Kab. Poso, Pemerintah Desa serta masyarakat adat yang konsisten menjadikan situs cagar budaya ini sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya daerah secara turun temurun hingga tetap lestari sampai sekarang ini.

Sulteng memiliki jejak peradaban prasejarah berusia ribuan tahun yang berpusat di dua Kabupaten yakni Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.

Patung Palindo, arca menhir, kuburan batu dan sejumlah benda terbuat dari batu, banyak ditemukan arkeolog di kedua kabupaten itu, menandakan peradaban nenek moyang kita, sudah maju dan berkembang maka tugas kita untuk melestarikan dan mengangkat warisan ini.

Pencanangan akan membangun Infastruktur jalan dan jembatan menuju lokasi - lokasi cagar budaya yang ada di Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi juga sarana kepariwisataan untuk menopang pengembangan cagar budaya sebagai destinasi wisata.

Danrem 132/Tdl, Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.I.P., M.Han., juga mengatakan “Dalam kesempatan ini mengapresiasi kegiatan tersebut dan mendukung pelestarian nilai-nilai budaya daerah untuk pengembangan Kepariwisataan diwilayah Sulawesi Tengah.”Pungkas Danrem

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut