get app
inews
Aa Read Next : Lantik 5 PNS Baru, Kakanwil Hermansyah Siregar Minta Jaga Integritas, Raih Prestasi

Warga Binaan Rutan Palu Wakili Kemenkumham Sulteng Lomba MTQ Pemasyarakatan Nasional

Minggu, 17 Maret 2024 | 19:40 WIB
header img
Warga Binaan Rutan Palu Wakili Kemenkumham Sulteng Lomba MTQ Pemasyarakatan Nasional. Foto : Kemenkumham Sulteng

PALU_ Seorang warga binaan berinisial (Z) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Palu, Sulawesi Tengah, terpilih untuk mewakili Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pemasyarakatan tingkat nasional Tahun 2024.

(Z) yang berusia 33 tahun ini telah menunjukkan bakat dan kemampuannya dalam membaca Al-Quran sejak berada di Rutan Palu, (Z) aktif mengikuti kegiatan pembinaan keagamaan, termasuk mengaji dan mengikuti pengajian rutin. Ketekunannya dalam belajar dan kualitas bacaannya yang baik menarik perhatian para petugas Rutan dan mengantarkannya menjadi perwakilan Kemenkumham Sulteng di ajang MTQ Pemasyarakatan tingkat nasional.

Hermansyah Siregar, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi (Z). Ia berharap agar apa yang dilakukan olehnya dapat diikuti oleh para warga binaan lainnya di Sulteng. 

"(Z) adalah contoh napi yang tekun belajar dan berbenah diri selama menjalani masa hukuman. Kami harap keikutsertaannya di MTQ Pemasyarakatan ini dapat menjadi motivasi bagi warga binaan lain untuk meningkatkan kualitas diri," ujarnya. Sabtu, (16/3/2024).

(Z) sendiri mengaku senang dan bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepadanya. "Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan bahwa meskipun berstatus warga binaan, kami masih bisa berprestasi dan mengharumkan nama baik Rutan Palu dan Kemenkumham Sulteng," tuturnya.

Lomba MTQ Pemasyarakatan sendiri dilaksanakan secara nasional, yang ditujukan bukan hanya untuk menambah khidmat bulan suci Ramadhan. Namun, turut menyemarakkan peringatan hari bhakti pemasyarakatan ke-60 tahun 2024. (Z) akan mengikuti akan bersaing dengan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Prestasi (Z) ini merupakan bukti nyata bahwa pembinaan di Rutan Palu tidak hanya berfokus pada aspek keamanan, tetapi juga pada pembinaan mental dan spiritual para warga binaan. 

Kemenkumham Sulteng yang menaungi seluruh Lembaga Pemasyarakatan dan Rutan di Sulteng berkomitmen untuk terus memberikan kesempatan kepada para warga binaan untuk mengembangkan bakat dan potensinya, sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah selesai menjalani masa hukuman.

 

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Berita iNews Palu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut