get app
inews
Aa Read Next : Ini Profil Anwar Hafid dan Cita-cinya untuk Sulteng

Deklarasi Relawan Banuata siap Dukung Ahamd Ali untuk Pilkada 2024

Senin, 20 Mei 2024 | 19:58 WIB
header img
Deklarasi Relawan Banuata siap Dukung Ahamd Ali untuk Pilkada 2024. Foto : Jemmy

PALU, iNewsPalu.id - Dekatnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sekelompok Anak Muda, Pengusaha, Musisi, Influencer dan lain lainnya di Sulawesi Tengah bergabung dalam Deklarasi Manifesto BANUATA Atau Sulteng Rumah Bersama, Pada Senin 20/05/2024 di Bundaran Hasanuddin Palu Timur.

Komunitas relawan yang digawangi anak-anak muda dari berbagai daerah ini sepakat menunjuk Andi Charisma sebagai Koordinator Banuata. Musisi yang akrab disapa Achi The Box.

Relawan Banuata menilai Pilgub Sulteng 2024 beberapa waktu terakhir terus diwarnai ekspektasi dan tuntutan masyarakat, mulai dari obrolan di warung kopi hingga berbagai linimasa.

Sekretaris Jenderal Banuata, Muammar Fikrie meyakini sosok Ahmad Ali bisa menghadirkan harapan baru bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Banuata sengaja memilih tanggal 20 Mei untuk melakukan deklarasi dukungan yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Momen ini menjadi simbol persatuan dan kesatuan.

"Momen Hari Kebangkitan Nasional penting untuk persatuan dan kesatuan. Semangat ini perlu disuntikkan kepada masyarakat Sulawesi Tengah, apalagi kita akan menghadapi pilkada untuk memilih pemimpin di masa mendatang," ujarnya.

Banuata merupakan salah satu komunitas relawan untuk pemenangan Ahmad Ali yang bermarkas di Jalan Teluk Tomini, Kota Palu. Meski diisi kalangan anak muda, namun relawan Banuata tidak terafiliasi dengan partai politik tertentu.

Mereka yang tergabung dalam Banuata berasal dari berbagai latar belakang dan profesi, mulai dari musisi, pengusaha, tokoh pemuda, seniman, pekerja kreatif, kreator konten, dan profesional lintas bidang lainnya

Setelah di ibu kota, simpul-simpul relawan Banuata rencananya juga akan melakukan deklarasi serupa di wilayah lain di Sulawesi Tengah.

"Kemungkinan setiap pekan relawan Banuata akan melakukan deklarasi di banyak tempat, di daerah lain. Dari kota ke desa. Urban ke rural. Ke depannya kami berharapa banyak relawan yang berafiliasi dengan Banuata," ucap Fikrie.

Pada kesempatan itu, Koordinator Banuata, Andi Charisma membacakan Manifesto Banuata. Dengan latar belakang air mancur Bundaran Nasional Palu, momen itu disaksikan ratusan sukarelawan bersama masyarakat yang sedang menikmati waktu senja.

Kami percaya, Sulawesi Tengah adalah rumah bersama bagi kita semua. Rumah besar dengan luas lebih dari 61 ribu kilometer persegi, terdiri dari 13 kabupaten dan kota. Ruang hidup bagi bermacam-macam etnik, suku, ras, agama, kepercayaan, serta sedikitnya 21 bahasa daerah. Rumah nan lapang dengan potensi lahan pertanian serta perkebunan yang menjanjikan, kekayaan sumber daya alam yang berlimpah, dan pesona pariwisata yang memukau.

Kami percaya, Sulawesi Tengah bisa menjadi rumah yang memberi kesejahteraan bagi tiap warganya. Beberapa tahun terakhir, Sulawesi Tengah sering disebut mengalami pertumbuhan ekonomi nan positif. Namun, pada saat yang sama, data menunjukkan, hampir 400 ribu saudara-saudara kita masih bergelut dengan kemiskinan. Tingkat pengangguran terbuka pun menganga, masih menyentuh angka 2,95 persen. Padahal, sudah selayaknya, dengan segala potensi, pembangunan di Sulawesi Tengah bisa diselenggarakan dengan berorientasi pada kesejahteraan bersama. Menghidupi setiap warganya. Menjadikan semuanya setara. Sejahtera Bersama.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut