get app
inews
Aa Read Next : Anwar-Reny Tampil Mendominasi Debat Perdana Pilgub Sulteng 2024

Pasangan Anwar-Reny Unggul di Posisi Teratas dalam Elektabilitas Pilgub Sulteng 2024

Kamis, 10 Oktober 2024 | 13:36 WIB
header img
Pasangan Anwar-Reny Unggul di Posisi Teratas dalam Elektabilitas Pilgub Sulteng 2024. Foto : AH Official

PALU, iNewsPalu.id – Lembaga Survei Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei terbaru mengenai Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah 2024. Pasangan calon nomor urut 2, Dr. Anwar Hafid, M.Si dan dr. Reny Lamadjido, M.Kes, menunjukkan tren elektabilitas yang semakin menguat dengan perolehan suara mencapai 32,85 persen. 

Paslon dengan tagline *BERANI* (Bersama Anwar-RenI) ini bersaing ketat dengan pasangan petahana, Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto Hambuako, yang meraih 28,38 persen, serta Ahmad Ali-Abdul Karim Al Jufri yang berada di angka 26,38 persen. 

Survei yang dilaksanakan pada periode 15-30 September 2024, mencakup delapan kecamatan di Kota Palu dengan 800 responden yang dipilih secara acak. Menggunakan metode *Multistage Random Sampling*, survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,6 persen.

Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Anwar-Reny unggul di empat dari delapan kecamatan yang disurvei, termasuk Kecamatan Mantikulore dan Palu Utara, yang menjadi basis strategis kemenangan mereka. Di Kecamatan Mantikulore, Anwar-Reny memimpin dengan 44,85 persen, jauh meninggalkan Rusdy Mastura yang hanya memperoleh 13,94 persen. Sementara itu, di Kecamatan Palu Utara, mereka meraih 34,00 persen, mengungguli kandidat lainnya, termasuk petahana.

“Metode yang digunakan adalah *Multistage Random Sampling* dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,6 persen. Survei dilaksanakan pada periode 15-30 September 2024,” ujar Yuhardin, Direktur Eksekutif SSI.

Meskipun hasil survei menunjukkan persaingan yang ketat, masih terdapat 12,38 persen responden yang belum menentukan pilihan, yang menunjukkan peluang besar bagi pasangan Anwar-Reny untuk terus memperluas dukungan. Program-program unggulan mereka, seperti pendidikan gratis melalui *Sulteng Nambaso* dan layanan kesehatan gratis dengan KTP lewat *BERANI Sehat*, semakin menarik perhatian masyarakat.

Dengan elektabilitas yang terus tumbuh, serta program-program yang dekat dengan kebutuhan masyarakat, pasangan Anwar Hafid dan Reny Lamadjido memiliki peluang besar untuk menjadi pemimpin baru Sulawesi Tengah di 2024.

Editor : Jemmy Hendrik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut