Kemenkum Sulteng Perkuat Peran Pegawai sebagai Garda Terdepan Layanan Hukum

PALU, iNewsPalu.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tengah, Rakhmat Renaldy, mendorong perubahan budaya kerja seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungannya menjadi lebih kolaboratif dan lintas sektor.
Dalam pengarahan internal di Kanwil Kemenkum Sulteng, Senin (16/6/2025), Rakhmat menyampaikan bahwa setiap pegawai dituntut untuk memiliki pemahaman menyeluruh terhadap berbagai layanan kementerian. Hal ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi yang cepat, akurat, dan tidak terkesan birokratis.
“Kita tidak boleh terjebak pada sekat-sekat tugas teknis. Seorang pegawai di bidang pemasyarakatan pun harus bisa menjelaskan layanan kekayaan intelektual, jika itu yang ditanyakan masyarakat. Itulah wajah pelayanan publik yang modern,” jelasnya.
Menurutnya, peningkatan kapasitas individu dan kerja sama lintas unit adalah bagian dari upaya mewujudkan birokrasi dinamis yang menjawab tantangan zaman. “Pelayanan publik tidak bisa lagi eksklusif. Kita hadir sebagai solusi, bukan sebagai hambatan,” tambahnya.
Rakhmat menegaskan pentingnya menjadi agen informasi di manapun berada, demi memperkuat kepercayaan publik terhadap institusi. Ia mengajak seluruh jajaran untuk menjadi pelayan publik yang tangguh dan komunikatif.
Editor : Jemmy Hendrik