Jadi Kader Kesehatan, 54 Warga Binaan Rutan Palu Ikuti Pelatihan

Tim iNews
Jadi Kader Kesehatan, 54 Warga Binaan Rutan Palu Ikuti Pelatihan. Foto : Rutan Palu

PALU,i NewsPalu.id – Sebagai langkah positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan upaya pencegahan penyakit menular, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng melakukan pelatihan dan penguatan Tahap II kepada warga binaan yang terpilih menjadi kader kesehatan, Selasa (17/09/2024).

Dipusatkan di Aula Pogombo Rutan Palu, kegiatan pelatihan ini dipimpin langsung oleh Kepala Rutan, Yansen serta turut dihadiri oleh Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan (Yantah), Herdi dan perawat Klinik Rutan Sehat.

Yansen, memberikan apresiasi kepada warga binaan yang sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan penguatan kader kesehatan ini. 

“Terima kasih atas antusiasnya bapak-bapak semua. Pada tahap pertama kita telah memberikan pelatihan kepada 27 orang warga binaan dan hari ini 27 orang warga binaan terpilih sebagai kader kesehatan mengikuti pelatihan tahap II,” ungkapnya.

“Warga binaan yang menjadi kader kesehatan merupakan perpanjangan tangan perawat Klinik Rutan Sehat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Rutan Palu. Setiap blok kamar hunian warga binaan kini memiliki 2 orang kader kesehatan yang akan bekerja sama dengan perawat Klinik Rutan Sehat dalam pencegahan penyakit menular di lingkungan Rutan Palu,” tambah Yansen.

Selain itu, ia berharap kader kesehatan yang terpilih dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik. “Dampak positif yaitu warga binaan mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan, langkah pencegahan dan bagaimana peran kader kesehatan dalam memberikan pertolongan pertama yang bisa bermanfaat bagi pribadinya dan warga binaan lainnya,” urainya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, mengungkapkan pelatihan kader kesehatan ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman warga binaan tentang penyakit menular serta upaya pencegahan dan penanggulangannya. 

“Pelatihan ini menjadi langkah positif Rutan Palu dan warga binaan (kader kesehatan) yang bekerja sama dalam membudayakan pola hidup bersih dan sehat, menjaga kesehatan warga binaan serta pencegahan penyakit menular di lingkungan Rutan Palu, karena kesehatan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam setiap pelaksaan program pembinaan bagi warga binaan,” ungkapnya.

Ia pun berharap agar program tersebut dapat terus ditingkatkan, bahkan menjadi contoh bagi seluruh Lapas/Rutan di Sulteng. Ia juga menegaskan komitmennya dalam hal pemenuhan hak kesehatan bagi seluruh WBP.

“Saat ini kita terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan di Lapas/Rutan ya, kita terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan kesehatan yang prima, yang dapat memastikan terpenuhnya hak bagi seluruh WBP,” pungkas Hermansyah Siregar.

Melalui Dukungan The Global Fund, Kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan ini dipantau langsung oleh Tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Aplikasi Zoom Meeting. Pada pelatihan dan penguatan, kader kesehatan mendapatkan materi pelatihan yaitu, Peran kader kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular, informasi dasar tentang penyakit Tuberkulosis, Hepatitis A dan C, Demam Berdarah Dengue dan Diare yang dipaparkan oleh perawat Rutan secara bergantian.

Editor : Jemmy Hendrik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network