Longsor Susulan di Kebun Kopi: Apa Penyebabnya?

Tim iNews
Longsor Susulan di Kebun Kopi: Apa Penyebabnya?. Foto : Ist

PARIGI MOUTONG, iNewsPalu.id - Longsor kembali terjadi di jalan Trans Sulawesi Kebun Kopi KM 8, pada hari Kamis tanggal 5 September 2024, longsor yang terjadi sekitar pukul 11.20 WITA menyebabkan 2 kendaraan roda empat tertimpa.

Kejadian longsor susulan di jalan Trans Sulawesi Kebun Kopi kembali mengundang pertanyaan mengenai penyebab pasti terjadinya bencana alam ini. Padahal, peristiwa serupa baru saja terjadi beberapa waktu lalu di lokasi yang sama.

Para ahli memperkirakan, kondisi geologis yang labil serta adanya material tanah dan bebatuan yang tidak stabil menjadi faktor utama penyebab terjadinya longsor. Selain itu, cuaca ekstrem meskipun tidak selalu hujan deras juga dapat memicu terjadinya longsor.

Pemerintah daerah dan instansi terkait perlu segera melakukan kajian mendalam untuk mencari solusi jangka panjang guna mengatasi permasalahan longsor di wilayah Kebun Kopi. Pembangunan infrastruktur penahan tanah dan sistem drainase yang baik menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya longsor di masa mendatang.

Editor : Jemmy Hendrik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network