Ini Profil Anwar Hafid dan Cita-cinya untuk Sulteng

Tim iNews
Ini Profil Anwar Hafid dan Cita-cinya untuk Sulteng. Foto : AH Official

PALU, iNewsPalu.id - Sosok Anwar Hafid tak dapat diragukan lagi untuk menjadi calon pemimpin Sulawesi Tengah 2024-2029.

Bagaimana tidak, Anwar memiliki segudang prestasi, pengalaman pemerintahan, politik dan ilmu yang mumpuni.

Anwar Hafid yang lahir di Wosu Morowali 14 Agustus 1969, mengawali karirnya dibirokrasi pemerintahan dari penjabat Kepala Desa Bastem kabupaten Luwu Sulawesi Selatan selama 5 tahun, kemudian Sekretaris Camat (Sekcam) 1 tahun dan Camat 5 tahun, selanjutnya kepala bagian pemerintahan.

Karir birokrasi Anwar Hafid terus menanjak hingga ke puncak, dimana ilmu pemerintahan dipadukan dengan ilmu politik. 

Saat itu tahun 2007, Anwar Hafid mencalonkan diri menjadi Bupati Morowali pasca Andi Muhammad dan Datlin Tamalagi. 

Dalam perjalanannya pada kontestasi politik lokal Morowali, Anwar Hafid yang berpasangan Sumisi Umi Marundu berhasil keluar sebagai pilihan rakyat Morowali 2007-2012. 

Lima (5) tahun perjalanan pemerintahan Anwar - Sumisi, mampu membawa Morowali menuju kemajuan dan meletakkan pondasi penyelenggaraan pemerintahan yang kuat dengan pembangunan berkelanjuta.

Makanya tidak heran, jika periode berikut (kedua) 2012-2018, Anwar - Sumisi masih mendapatkan mandat amanah masyarakat Morowali. 

Ketua masyarakat Cinta Masjid (MCM) Sulteng itu bukan hanya sukses di birokrasi pemerintahan, tapi juga dibidang politik. 

Karir politiknya terus menanjak sejak terpilih secara aklamasi menjadi ketua DPD Partai Demokrat Sulteng pasca Ahnad Yahya. 

Usai menjalankan tugas dan amanah masyarakat Morowali selama 10 tahun, Alumni Doktoral Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 2023 itu mendapat kepercayaan dari masyarakat Sulteng dengan posisi anggota DPR RI Komisi V, Fraksi Partai Demokrat.

Selama menjadi anggota DPR RI sejumlah penghargaan yang diganjarkan kepada Anwar Hafid diantaranya.

1.Top legislator poluler 2024-2029.

2. Legislator peduli pembangunan dan kesejahteraan masyarakat daerah pemilihan.

3. Mahkama dewan kehormatan Awards dari DPR RI 2022.

4. Top Legislator AwardS2022.

5. Best Freedom Of Speech Anggota DPR RI 2021.

6. Tokoh Peduli Daerah dari Teropong Parlemen Awards 2020.

7. Kemudian menjadi Kepala Daerah Inovatif 2017.

8. Inspirator Pembangunan Daerah dari Pusat Kajian Keuangan Negara dari Mendagri.

9. Inspirasi Kinerja Kepala Daerah Terbaik 2012 dan 

10. Diganjar Kehormatan Satyalancana KaryaBhakti Praja Nugraha.

Kemudian bukti Kerja Nyata saat menjabat Bupati Morowali dua periode yakni:

1.Pionir program Morowali Sejahtera, berhasil meningkatkan warga kuliah dari 700 menjadi 3,400san dan berhasil meningkatkan IPM Morowali melonjak signifikan dari IPM 65,2 persen tahun 2007 meningkat menjadi 70,3 persen tahun 2018.

2. Berhasil meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Berhasil meningkatkan kesehatan masyarakat pada tahun 2007-2017 secara konsisten dengan capaian 75 persen.

3. Berhasil menjamin kebutuhan dasar masyarakat dengan membentuk badan penyelenggara jaminan sosial daerah dengan jaminan pengobatan gratis dan gerakan selamatkan ibu Hamil.

4.Pionir membangun jembatan penghubung antar pulau, bandara udara Morowali Maleo, pelabuhan laut kapasitas 100 ton dan jalan aspal 1000 kilometer untuk komoditas petani. 

5.Dalam mendukung dan meningkatkan hasil produksi pertanian, Anwar Hafid memberikan 500 hand traktor kepada petani. Dan program anggaran Rp, 10 miliyar pertahun dalam rangka peningkatan hasik produksi pertanian.

6. Berhasil membangun mentak pegawai dengan konsep Morowali berjamaah dan Morowali mengaji bagi pegawai Muslim.

7. Penggagas Kawasan Industri Morowali, peningkatan ekonomi makro melalui program investasi sehingga lapangan kerja terbuka lebar. Pertumbuhan ekonomi Morowali saat itu rata-rata sebesar 7-8 persen pertahun, prosentase penduduk miskin menurun dari 12 persen menjadi 9 persen, tingkat pengangguran terbuka (TPT) rata-rata sekitar 4-5 persen dengan trend menurun jauh. 

8. Berhasil realisasikan program Aladin (atap lantai dinding) dan berhasil membangun rumah layak huni. 

Sementara untuk maju sebagai calon Gubernur Anwar Hafid yang didampingi calon wakil Gubernur seorang wanita berpengalaman dibirokrasi pemerintahan dan berprestasi dibidang kesehatan yakni dr.Reny A Lamadjido, M.Kes putri mediang Gubernur ke 7 Sulteng (Alfatiha) H.Abdul Azis Lamadjido. 

Pasangan dengan tagline BERANI (BERSAMA ANWAR - RENI/Y) ini menawarkan 9 program unggulan yakni :

1. Berani CERDAS

Berani Cerdas ini dapat dijelaskan Anak Miskin Bisa Sekolah (Sulteng NAMBASO), dan bisa kuliah gratis dimana pemerintah daerah yang akan tanggung biaya pendidikannya. Yang tak kalah menariknya Beasiswa bagi guru yang hendak kuliah baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Kemudian revolusi Millenial - Gen Z Siap Kerja dan Revitalisasi Infrastruktur pendidikan.

2. BERANI SEHAT. 

Program berani sehat ini, memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis berbasis KTP Sulteng. Ada juga NASEHAT KAMI (Layanan Kesehatan masyarakat Miskin). Kemudian membangun Rumah Sakit Bertaraf Internasional. Dan pemberian susu dan makanan bergizi secara gratis bagi Balita Rawan Stunting.

3. BERANI LANCAR

Program ke 3 Anwar - Reny yakni Berani lancar ini yakni membangun tol desa 1000 kilometer. Percepatan jalan Tol Tambu ke Kasimbar, Parigi - Palu, dan pembangunan Kawasan Delta Agropolitan (Buol, Tolitoli, Donggala dan Parimo).

4. BERANI MENYALAH

Program Berani Menyalah ini akan diimplementasikan jika Anwar - Reny terpilih jadi Gubernur dan Wakil Gubernur 2024-2029 sebagai berikut :

Terpenuhinya Akses Listrik, Air Bersih dan layanan jaringan signal internet bagi masyarakat pedesaan dan terpencil.

5. BERANI SEJAHTERA

Program ini akan menjamin harga sembilan bahan pokok khususnya Beras murah dan stabil se Indonesia. Selanjutnya keluarga harapan, Revitalisasi Rutilahu dan Kawasan Lumbung Pangan Nasional di Sulteng.

6. BERANI BERKAH 

Program Berani berkah ini memuat 4 poin yakni : sulteng mengaji, Sulteng Berjamaah, Pemberian dan peningkatan insentif bagi guru mengaji, Marbot Masjid, Pendeta, tokoh agama dan tokoh adat. Dan penyetaraan status pesantren, madrasah dan sekolah keagamaan.

7. BERANI MAKMUR 

Program Berani makmur ini menyasar yakni Petani Millenial, Modernisasi alat pertanian, menyediakan bibit unggul, menjamin ketersediaan pupuk terbaik, bantuan alat tangkap bagi nelayan, dan sistem petik, tangkap, olah serta jual (HILIRISASI HASIL TANI DAN NELAYAN).

8. BERANI HARMONI

Program ini memuat 3 poin yakni Lestari Seratus Dewi (Desa Wisata) Sulteng, Inkubasi UMKM (Insentif dan Pelatihan kualitas produk, bantuan modal, pemesaran dan akses mudah izin). Dan pariwisata partisipatoris integrasi pelestarian bahasa Kaili, batik bomba dan potensi adat lokal sulteng.

9. BERANI BERINTEGRITAS

Program ini memuat 5 item yakni Tim Gaspoll (Gerakan Aksi Satset Pemerintah Optimal Layani Langsung), Call Center, Laporan, Tim Siaga Pemprov, untuk Pertolongan Pertama Warga. Layanan Administrasi Digital Terintegrasi Supper Apps Si- Berani, Budaya Birokrasi Melayani dan Efektif. Co- Working Space (CWS) ASN Kerja Sambil Ngopi Bro (Ngobrol Pintar Birokrasi). Dan bantuan operasional Rp, 5 miliyar perkecamatan se Sulteng.

Setelah menyimak prestasi dan 9 program BERANI, tentu ingin tahu arti berani selanjutnya yakni B = BLT Sembako Murah, E = Enak Dapat Kerja, R = Renovasi 100 ribu rumah, A = Anak Sekolah/kuliah gratis, N = Nikmati Berobat Gratis, I = Infrastruktur 1000 kilometer tol Deda.

Editor : Jemmy Hendrik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network