PALU, iNewsPalu.id – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu baru-baru ini kembali meraih penghargaan bergengsi. Dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang ke-76, LPKA Palu berhasil dinobatkan sebagai salah satu Satuan Kerja (Satker) Pemasyarakatan berpredikat Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) Tahun 2024.
Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Zuliansyah. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi, dan Pemasyarakatan, Yusril Ihza Mahendra, dalam acara puncak peringatan Hari HAM Sedunia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada 10 Desember 2024.
Kepala LPKA Palu, Mohammad Kafi, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen seluruh pegawai LPKA Palu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Anak Binaan dan masyarakat, dengan selalu mengutamakan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia.
“Penghargaan ini mencerminkan komitmen seluruh pegawai dalam melaksanakan P2HAM kepada seluruh Anak Binaan dan masyarakat. Semoga di tahun-tahun berikutnya, LPKA Palu dapat terus memberikan kontribusi terbaik guna memajukan organisasi,” ujar Kafi.
Lebih lanjut, Kafi menjelaskan bahwa dalam penilaian P2HAM, LPKA Palu menerima laporan penilaian yang transparan dan akuntabel. "Kami selalu mengedepankan HAM dalam memberikan pelayanan, di mana HAM menjadi salah satu pilar utama untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila. Tidak hanya tercantum dalam konstitusi, tetapi juga menjadi fondasi dalam pembangunan negara yang adil dan merata," tambahnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Satuan Kerja Pemasyarakatan di Sulawesi Tengah atas prestasi yang diraih. "Ini sangat membanggakan untuk daerah Sulawesi Tengah serta merupakan sejarah baru yang mesti kita pertahankan ke depannya dalam memberikan pelayanan,” ujarnya.
Hermansyah juga menekankan bahwa prestasi ini diraih berkat berbagai upaya yang dilakukan masing-masing satker, di antaranya sosialisasi dan pelatihan, peningkatan kapasitas, inovasi pelayanan, hingga kolaborasi dengan berbagai stakeholders.
Editor : Jemmy Hendrik
Artikel Terkait