Gafar Mallo Pimpin IKAAL untuk Masa Bakti 2023-2028

Tim iNews
Gafar Mallo Pimpin IKAAL untuk Masa Bakti 2023-2028. Foto : Ist

SIGI, iNewsPalu.id - Kongres ke-III Ikatan Keluarga Alumni Alkhairaat (IKAAL) yang berlangsung pada tanggal 28 September 2023, berhasil memilih Abdul Gafar Mallo sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat IKAAL untuk masa bakti 2023-2028.

Dalam kongres yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Komwil dan Komda Alkhairaat, terdapat tiga bakal calon yang bersaing memperebutkan jabatan Ketua Umum IKAAL. 

Ketiga calon tersebut adalah Abdul Gafar Mallo, Jafar Alidrus, dan Mujur D. Sumadayo. Hasil pemilihan menunjukkan bahwa Abdul Gafar Mallo meraih suara terbanyak dengan 18 suara, diikuti oleh Jafar Alidrus dengan 15 suara, dan Mujur D. Sumadayo dengan 10 suara.

Jafar Alidrus, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sulawesi Tengah IKAAL, mengungkapkan kepuasannya atas pelaksanaan kongres yang demokratis dan berjalan dengan lancar.

 Ia berharap bahwa kepengurusan IKAAL ke depan akan memiliki program-program yang lebih baik untuk mengakomodasi para alumni Alkhairaat di seluruh Indonesia.

“IKAAL, sebagai salah satu Badan Otonom (Banom) Alkhairaat, memiliki tanggung jawab besar dalam merangkul dan mendata semua alumni (Abna) Alkhairaat di seluruh Indonesia. Jafar Alidrus juga menekankan pentingnya menyegarkan kepengurusan IKAAL di seluruh provinsi dan daerah serta membentuk pengurus daerah di wilayah-wilayah yang belum memiliki kepengurusan IKAAL,” kata Jafar Alidrus.

Sementara itu, panitia Kongres ke-III IKAAL, yang diwakili oleh Sofyan Arsyad, menjelaskan bahwa proses pemilihan ketua IKAAL dimulai dengan penjaringan bakal calon. 

Awalnya terdapat empat kandidat, termasuk Dr. Abd. Gafar Mallo, H.S. Jafar Alaydrus, Mujur G. Dumadayo, dan Mubarak Latopada. Namun, Mubarak memutuskan untuk mengundurkan diri dengan alasan tidak ingin bersaing dengan para senior dan mantan dosennya.

Setelah Mubarak mengundurkan diri, pemilihan dilanjutkan dengan tiga calon yang tersisa. 

Hasilnya, Abdul Gafar Mallo terpilih sebagai Ketua Umum IKAAL untuk masa bakti 2023-2028. Meskipun sempat terjadi dinamika terkait keabsahan suara pengurus pusat dalam sidang kongres, namun akhirnya semua proses berjalan dengan lancar.

Editor : Jemmy Hendrik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network